Cahaya

Pengaruh cahaya pada tumbuhan adalah mengakibatkan proses terjadinya fotosintesis pada tumbuhan yang mempunyai klorofil. Fotosintesis merupakan reaksi anabolisme yang dilakukan oleh tumbuhan sebagai produsen. Berkat adanya kloroplas di dalamnya sel-sel tumbuhan mengahasilkan zat tepung dengan menggunakan air, karbondioksida dan cahaya matahari. Fotosintesis dilakukan pada tumbuhan yang mempunyai klorofil. Dengan itulah tumbuhan hijau dapat mengolah makananya dan proses pengolahan makanan pada tumbuhan adalah:

Air + CO2 + Cahaya matahari à karbohidrat (C6H12O6) + O2

 

Fotosintesis dibagi menjadi 2 reaksi :

1. Reaksi Terang

Reaksi terang merupakan fotosintsis yang mengubah energi matahari menjadi energi kimiawi. Reaksi terang terjadi jika ada cahaya matahari dan berlangsung di bagian grana. Reaksi terang diawali dengan fotolisis air ( pemecahan molekul air ) yang menghasilkan ion H+ aau elektron yang akan dieksitasi pada fotosistem dan molekul O2 yang dilepaskan ke atmosfer. Energi kimia yang tersimpan pada proses ini adalah ATP dan NADPH. Pada saat reaksi terang terjadi fotolisis yaitu penguraian air oleh cahaya yang menghasilkan ion hidrogen dan oksigen.

2. Reaksi Gelap

Reaksi gelap fotositesis dapat berlangsug tanpa bergantung pada cahaya matahari. Reaksi gelap disebut juga dengan siklus calvin yang berlangsung di dalam stroma atau matriks kloroplas. Pada reaksi gelap memerlukan energi ATP, ion hidrogen, dari NADPH dan molekul CO2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *